Destinasi

Wisata Dieng: Simak 5 Rekomendasi Eksotis Berikut Ini!

AkuTravel – Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang mempunyai beberapa tempat wisata yang terkenal. Salah satunya adalah bisa untuk memilih tempat wisata gunung yang bisa menjadi pilihan terbaik. Di Jawa Tengah terdapat banyak sekali gunung pendakian yang bisa menjadi pilihan bagi Anda pecinta gunung. Selain naik gunung, Anda juga bisa memilih dataran tinggi yang bisa menjajakan wisata alam dengan pemandangan indah. Salah satunya adalah Wisata Dieng yang dikenal sebagai negeri di atas awan.

Dieng merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah yang biasanya menjadi tempat pagelaran concert Jazz. Sehingga banyak yang datang untuk menikmati alunan musik di daerah Dieng yang terkenal dengan suhunya yang dingin tersebut. Tidak hanya dapat untuk menikmati konser musik yang rutin digelar tersebut, Daerah Dieng juga mempunyai banyak hal menarik lainnya. Seperti budaya tradisional dan daerah wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan. Dieng sendiri merupakan dataran tinggi yang menawarkan banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah. Dieng berada di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dataran Dieng juga terletak antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng berasal dari bahasa Kawi “di” yaitu tempat atau gunung dan “Hyang” yang artinya dewa. Nama Dieng sendiri mempunyai arti daerah pegunungan tempat bersemayamnya dewa dewi.

Wisata Dieng - AkuTravel. Sumber: Reddoorz
Wisata Dieng – AkuTravel. Sumber: Reddoorz

Dieng berada di ketinggian 2.093 mdpl dan mempunyai daerah yang terkenal dengan suhu udaranya yang dingin. Tempat ini mempunyai udara sejuk dan juga bisa merasakan kabut saat matahari tidak ada di langit. Adapun untuk kisaran suhu yang ada di tempat ini adalah 15 hingga 20 derajat celcius. Sehingga ketika akan berwisata ke tempat ini memang perlu untuk memakai pakaian yang tebal, syal, sapu tangan, dan jangan lupa memakai topi yang hangat. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Dieng, ada beberapa tempat wisata Dieng yang wajib dikunjungi dan tidak boleh dilewatkan. Adapun untuk 5 rekomendasi tempat wisata tersebut antara lain:

  1. Telaga Warna

Tempat wisata pertama yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di dataran tinggi Dieng adalah Telaga Warna. Tempat ini merupakan salah satu landmark yang ada di Dieng Wonosobo. Telaga Warna seperti namanya terkenal karena mempunyai warna telaga yang berbeda-beda. Hal tersebut menurut legenda karena ada cincin dari bangsawan yang jatuh ke telaga tersebut. Sedangkan menurut sudut pandang ilmiah, warna berbeda tersebut karena adanya pembiasan cahaya. Anda dapat melihat warna yang berbeda dari telaga tersebut dari puncak bukit. Selain itu juga ada balkon yang dapat digunakan bersantai sambil menikmati keindahan telaga warna.

Wisata Dieng: Telaga Warna - AkuTravel. Sumber: Travels promo
Wisata Dieng: Telaga Warna – AkuTravel. Sumber: Travels promo
  1. Bukit Sikunir

Wisata Dieng selanjutnya yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah Bukit Sikunir. Tempat wisata ini merupakan pilihan bagi Anda yang ingin melihat sunrise. Bukit ini akan menjadi tempat yang sangat baik untuk mendapatkan pengalaman melihat sunrise yang lebih indah dan juga khusyuk. Adapun tempat wisata Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan. Desa tersebut merupakan desa tertinggi yang ada di Jawa Tengah dan mempunyai ketinggian 2200 mdpl. Sehingga Anda akan dapat menikmati pengalaman melihat sunrise berbeda dari biasanya dari desa tertinggi ini.

  1. Sumur Jalatunda
Wisata Dieng: Bukit Sikunir - AkuTravel
Wisata Dieng: Bukit Sikunir – AkuTravel

Tempat wisata Dieng yang ketiga adalah Sumur Jalatunda. Sumur ini tentunya bukan merupakan sumur biasanya, karena sumur ini dulunya adalah ceruk rekahan kawah. Sekarang ini sumur ini mempunyai genangan air 90 meter dan mempunyai kedalaman 200 meter. Sumur Jalatunda ini terletak di Desa Pekasiran yang ada di Kecamatan Bantur, Banjarnegara. Tempatnya sendiri terletak 12 km dari wisata utama yang ada di Dieng. Bagi Anda yang akan menyusuri tempat wisata ini perlu untuk menyiapkan fisik yang bagus. Kareana harus menaiki 257 anak tangga untuk dapat sampai melihat sumur Jalatunda. Tempat wisata ini mempunyai mitos bahwa apabila melempar kerikil ke seberang sumur yang berlawanan, maka akan membuat permohonan yang dipunyai dapat terkabul.

  1. Kawah di Dieng
Wisata Dieng: Kawah Sikidang - AkuTravel. Sumber: Wisata bagus
Wisata Dieng: Kawah Sikidang – AkuTravel. Sumber: Wisata bagus

Ketika ke wisata Dieng juga tentunya tidak afdol ketika tidak mengunjungi kawah yang ada di daerah ini. Ada beberapa kawah yang di Dieng Wonosobo yang bisa dipilih dan dikunjungi. Sepreti kawah Sikidang, Kawang Candradimuka, dan juga kawan Sileri. Kawang Sidikiang berada di Dieng Timur dengan hamparan bukit hijau dan tanah kapur. Kawah Candradimuka merupakan kawan dari dalam cerita pewayangan. Sedangkan kawan Sileri merupakan kawah terbesar dengan luas hingga 4 hektar.

  1. Candi Dieng

Wisata terakhir yang tidak boleh dilewatkan di Dieng adalah Candi Dieng. Apabila berkunjung ke tempat ini juga bisa mengunjungi Candi Dieng yang sakral. Candi Dieng tersebar di beberapa lokasi. Ada beberapa candi yang bisa dikunjungi seperti Candi Bima, Candi Arjuna, Srikandi, Gatotkaca, dan lainnya. Candi Dieng tersebut merupakan candi Hindu dengan nama tokoh Mahabarata.

Wisata Dieng: Candi Dieng - AkuTravel. Sumber: Wikimedia
Wisata Dieng: Candi Dieng – AkuTravel. Sumber: Wikimedia

Tempat di atas merupakan rekomendasi wisata Dieng yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa memilih tempat tersebut yang akan memberikan pengalaman yang berbeda dan juga melihat pemandangan indah. Selain tempat wisatanya, ketika berada di Dieng juga jangan lupa untuk menelusuri pengalaman lainnya. Mulai dari upacara khas hingga makanan khas yang hanya bisa ditemukan di Dieng. Yuk kunjungi AkuTravel untuk update traveling seru berikutnya dan jangan lupa follow instagram kita yaa untuk inspirasi traveling terlengkap!

Tim AkuTravel

"Tolong jadilah traveler, bukan turis. Cobalah hal-hal baru, temui orang-orang baru, dan lihat apa yang ada di depanmu. Itulah kunci untuk memahami dunia menakjubkan yang kita tinggali ini" -Andrew Zimmern

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button