Aktivitas

Tebing Breksi Jogja: Informasi Harga Tiket dan Spot Menarik

AkuTravel – Yogyakarta atau biasa orang menyebutnya dengan Jogja adalah salah satu nama kota di Indonesia yang sangat terkenal baik di dalam maupun luar negeri sebagai daerah yang masih sangat kental akan adat Jawa karena pengaruh dari sistem keraton yang ada di daerah tersebut. Jogja sangat terkenal dengan budayanya yang luar biasa bagus dan beragam, orang-orangnya ramah dan banyak tempat wisata menarik baik pantai atau alam yang bisa dijadikan sebagai tujuan saat liburan di Jogja. Salah satu tempat wisata atau destinasi wisata yang ada di Jogja yang wajib dikunjungi saat liburan di tempat ini adalah Tebing Breksi Jogja.

Keindahan panorama alam yang dimiliki Indonesia memang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Indonesia memiliki banyak sekali wisata alam dan wisata pantai yang sangat menarik dan mampu menjadi daya tarik yang sangat luar biasa bagi para wisatawan untuk berkunjung dan berwisata di Indonesia. Dan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan budaya dan tempat wisata adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Di tempat ini ada ratusan destinasi wisata yang sangat menarik dengan ciri khasnya tersendiri seperti salah satunya adalah wisata alam Tebing Breksi Jogja.

Tebing Breksi Jogja - AkuTravel. Sumber: Nginap di Jogja
Tebing Breksi Jogja – AkuTravel. Sumber: Nginap di Jogja

Tebing Breksi Jogja saat ini telah berhasil menjelma sebagai primadona bagi mereka para wisatawan yang ada di daerah sekitar Jogja seperti Klaten, Magelang dan bahkan ada juga yang dari ibukota. Jadi bila di luar negeri kita kenal tempat wisata Bastei Rocks yang ada di Jerman, Amerika punya Grand Canyon dan tentunya di Indonesia juga banyak sekali tempat-tempat wisata yang tidak kalah menarik dari tempat tersebut termasuk salah satunya adalah Tebing Breksi yang ada di Jogja, Brown Canyon di Semarang dan Danau Quarry di Bogor.

Sejauh ini mungkin banyak sekali yang penasaran kenapa tempat wisata di Jogja tersebut bisa dikenal dengan nama Tebing Breksi. Jadi secara singkat sejarah dari Tebing Breksi di Jogja adalah dahulu pernah ada penelitian yang dilakukan terhadap batu kapur yang ada di daerah sekitar Tebing Breksi tersebut. Dan ternyata memang Tebing Breksi tersebut merupakan salah hasil dari endapan berupa abu vulkanik dari letusan Gunung Nglanggran di Gunung Kidul yang merupakan salah satu nama gunung api purba yang ada di wilayah Jogja dengan ketinggian mencapai kurang lebih 300 meter. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar Tebing Breksi yang ada di Jogja:

  • Bekas Tambang
Tebing Breksi Jogja - AkuTravel. Sumber: Eksotis Jogja
Tebing Breksi Jogja – AkuTravel. Sumber: Eksotis Jogja

Jadi awal mula adanya Tebing Breksi adalah sejatinya merupakan tempat yang awalnya bekas tambang kemudian diubah oleh masyarakat setempat menjadi destinasi wisata Tebing Breksi. Masyarakat di sekitar wilayah tersebut melihat potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut yang kemudian merealisasikanya menjadi tempat wisata yang cukup menarik dan bahkan menarik wisatawan dari luar daerah untuk datang dan melihat keindahan Tebing tersebut.

  • Sempat dilarang pemerintah

Awalnya tempat ini memang sempat viral karena dilarang oleh pemerintah setempat saat dijadikan sebagai tempat penambangan batu kapur oleh warga sekitar tempat tersebut untuk menyambung hidup. Meski memang sangat dilarang oleh pemerintah setempat namun berkat kerja keras penduduk setempat dan hasil tangan karya seniman Jogja akhirnya Tebing ini berhasil menjadi ladang penghasilan baru bagi masyarakat sekitar. Dan pada akhirnya tempat wisata Tebing Breksi ini telah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang juga menjabat sebagai Gubernur Yogyakarta pada 30 Mei silam kemudian oleh para seniman disulap menjadi sangat artistic sehingga tampilannya sangat bagus dan lengkap dengan ukiran wayang dan ukiran naga.

  • Cocok untuk spot foto
Tebing Breksi Jogja – AkuTravel. Sumber: Anarejatour

Karena memiliki tampilan yang sangat artistic dan estetik menjadi Tebing Breksi sebagai salah satu tempat dan destinasi wisata yang memiliki banyak spot foto menarik. Tidak jarang banyak masyarakat Jogja dan luar Jogja yang datang ke tempat wisata ini untuk berfoto-foto da nada juga pasangan yang datang ke Tebing Breksi untuk melakukan foto prewedding. Di tempat ini ada spot anak tangga atau undakan yang cukup tinggi dan cocok digunakan sebagai spot foto romantic atau bisa juga digunakan sebagai tempat untuk melihat view romantis dari atas bukit kapur tersebut.

  • Harga tiket masuk

Untuk Anda yang ingin datang ke tempat ini, ada tiket masuk yang bisa harus Anda bayarkan sebelum memasuki wahana Tebing Breksi. Tetapi yang menarik adalah untuk bisa masuk di kawasan ini tidak perlu membayar terlalu mahal karena untuk HTM nya Anda cukup membayar seikhlasnya saja. Jadi misalnya nanti Anda datang dengan rombongan yang cukup banyak tidak perlu khawatir masalah biaya dan untuk jam bukannya dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore. Untuk Anda yang pertama kali dan akan berkunjung ke tempat ini ada banyak akomodasi yang bisa Anda gunakan untuk bisa sampai ke wisata Tebing Breksi Jogja. Jalanya Anda bisa lewat Ringroad sebelah utara kemudian sampai di RS Hermina dan setelah itu tinggal ikuti rute yang mengarah ke Jalan Opak Raya dan lanjut ke Jalan Piyungan dan ketemu Candi Ijo dan letak Tebing Breksi dekat candi tersebut. Yuk kunjungi AkuTravel untuk update traveling seru berikutnya dan jangan lupa follow instagram kita yaa untuk inspirasi traveling terlengkap!

Tim AkuTravel

"Tolong jadilah traveler, bukan turis. Cobalah hal-hal baru, temui orang-orang baru, dan lihat apa yang ada di depanmu. Itulah kunci untuk memahami dunia menakjubkan yang kita tinggali ini" -Andrew Zimmern

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button