Aktivitas

Taman Sari Jogja: Destinasi Wisata Jogja yang Mampu Membuat Anda Terpana!

AkuTravel – Jogjakarta menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang sangat menarik bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya mereka yang asli Jogja saja namun banyak yang berasal dari daerah luar Jogja dan bahkan sampai ada turis dari mancanegara yang sengaja datang ke Jogja untuk tujuan wisata. Salah satunya adalah wisata Taman Sari Jogja atau sering juga disebut dengan nama Taman Sari Keraton Yogyakarta yang merupakan salah satu bekas taman atau kebun istana yang dimiliki oleh istana Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Tempat wisata ini masuk dalam salah satu kategori wisata yang banyak sekali mengandung sejarah yang sangat penting bagi kota Yogyakarta. Hal ini dikarenakan pada masa lampau sering dikaitkan dengan berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di dalam istana Keraton Yogyakarta. Sebagai salah satu wisata bersejarah atau bangunan bersejarah menjadikan Taman Sari Jogja bangunan bersejarah yang akan memberikan banyak sekali informasi menarik bagi para pengunjungnya.

Taman Sari Jogja - AkuTravel. Sumber: Tribun
Taman Sari Jogja – AkuTravel. Sumber: Tribun

Dan untuk bisa sampai di tempat wisata Taman Sari Jogja tersebut, bagi Anda yang kebetulan berasal dari luar kota tidak perlu bingung karena letak tempat wisata satu ini berada di jalan yang sangat strategis dan mudah sekali untuk dijangkau dengan berbagai macam kendaraan. Lokasi tempat wisata ini sangat dekat dengan Keraton Jogja yang mana Taman Sari bisa ditempuh dalam waktu hanya kurang lebih 15 menit saja.

Untuk menuju tempat wisata ini jika Anda berasal dari daerah Malioboro Anda jalan saja lurus kea rah selatan yang akan melewati Titik Nol Kilometer dan juga nanti akan ada kantor pos dan jalan terus sampai Anda sampai di alun-alun Utara Keraton. Setelah itu Anda belok menuju jalan Ngasem sampai Anda menemukan pasar Ngasem dan lanjutkan perjalanan sampai ketemu Jl Tamanan kurang lebih 100 meter dan nanti ada tembok putih disitulah tujuan tempat wisata Taman Sari yang ada di Jogja.

Untuk jam bukannya sendiri yakni akan dimulai bagi para pengunjung yakni mulai jam 8 pagi dan akan ditutup pada pukul 2 siang. Untuk itu, karena tutupnya lebih awal maka alangkah lebih baik Anda rencanakan untuk mengunjungi tempat ini lebih awal. Sebagai kawasan wisata bersejarah tiket masuk wisata ini adalah untuk wisatawan domestic dikenakan tarif 5 ribu rupiah saja sedangkan untuk wisatawan asing tarifnya adalah 7 ribu rupiah. Selain itu ada tiket masuk tambahan untuk kamera yakni sebesar 2 ribu. Dan bagi yang ingin menggunakan jasa guide ada tiket pembayaran sebesar 25 ribu rupiah.

Taman Sari Jogja - AkuTravel. Sumber: Rutemu
Taman Sari Jogja – AkuTravel. Sumber: Rutemu

Menjadi salah satu tempat wisata bersejarah yang tidak pernah sepi oleh pengunjung meski tempat ini tidak semegah saat dahulu masih difungsikan oleh pihak keratin tetapi jangan salah karena Taman Sari Jogja masih memiliki banyak spot artistic dari bangunan-bangunan yang ada di dalamnya. Sangat cocok untuk Anda yang hobi fotografi mengambil gambar dan mengabadikan moment Anda. Di bawah ini adalah beberapa informasi seputar spot menarik yang ada di Taman Sari:

  • Kolam Taman Sari

Kolam Taman Sari letaknya berada di depan pintu gerbang saat Anda melewati ornament-ornamen dinding gapura yang lengkap dengan ukuran futuristic. Jadi saat pertama kali Anda melewati gerbang utama nanti akan langsung disambut oleh 2 buah kolam yang merupakan salah satu dari 3 kolam yang ada di Taman Sari. Jadi dari ketiga kolam tersebut memiliki nama dan fungsi yang sangat berbeda-beda yakni untuk Umbul Panguras Kolam digunakan untuk raja, Umbul Kawian untuk putri saja dan Umbul Pamucar unuk selir raja.

Taman Sari Jogja - AkuTravel. Sumber: Tour Yogyakarta
Taman Sari Jogja – AkuTravel. Sumber: Tour Yogyakarta
  • Gapura Agung

Merupakan salah satu dari sekian bangunan megah yang ada di Taman Sari yang bisa dijadikan sebagai spot menarik untuk foto. Gapura ini saat masih difungsikan oleh pihak keraton gunanya adalah digunakan untuk lokasi transit bagi kereta kencana kasultanan yang biasanya digunakan oleh sultan dan keluarga-keluarga sultan yang lain. untuk wujudnya, Gapura Agung didominasi oleh ornament bentuk sayap burung dan bunga.

  • Sumur Gamuling

Sumur ini adalah bukan merupakan sumur pada umumnya yang digunakan untuk mengambil air akan tetapi merupakan masjid yang ada di bawah tanah dan sekaligus sebagai bunker perlindungan para elit Kesultanan pada zaman dahulu yakni saat ada serangan yang dianggap berbahaya bagi para elit keraton. Memiliki bentuk dua tingkat dan melingkar sampai 360 derajat dan untuk bagian tengahnya memiliki lubang sehingga desainnya terlihat sangat artistic. Dan di dalamnya terdapat sumur yang dikelilingi 5 tangga sebagai simbol rukun Islam. Jadi di atas adalah beberapa penjelasan tentang sejarah, harga tiket masuk dan jalur serta spot menarik yang dimiliki oleh Taman Sari Jogja. Untuk spot-spot menariknya masih ada banyak sekali tempat yang tidak kalah megah dari yang sudah disebutkan di atas.

Taman Sari Jogja: Sumur Gamuling - AkuTravel. Sumber: Kartanesia
Taman Sari Jogja: Sumur Gamuling – AkuTravel. Sumber: Kartanesia

Demikian adalah sedikit cerita tentang keindahan dan kemegahan bangunan Taman Sari yang ada di Jogja dan mungkin bisa jadi destinasi wisata Anda saat berkunjung ke Jogjakarta. Yuk kunjungi AkuTravel untuk update traveling seru berikutnya dan jangan lupa follow instagram kita yaa untuk inspirasi traveling terlengkap!

Tim AkuTravel

"Tolong jadilah traveler, bukan turis. Cobalah hal-hal baru, temui orang-orang baru, dan lihat apa yang ada di depanmu. Itulah kunci untuk memahami dunia menakjubkan yang kita tinggali ini" -Andrew Zimmern

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button