Tips

6 Cara Membuat Paspor Baru Mudah dan Lengkap!

AkuTravel – Paspor merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki terutama bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar negeri, sehingga penting untuk memiliki paspor. Mulai bulan Juni, Direktorat Jenderal Imigrasi kembali membuka layanan untuk pembuatan paspor yang dibutuhkan masyarakat. Jenis layanan yang tersedia mulai dari pembuatan paspor baru, penggantian untuk WNA, pemberian izin tinggal terbatas baru, hingga pendaftaran kewarganegaraan ganda terbatas. Adapun untuk cara membuat paspor baru dan penggantian paspor sendiri mempunyai proses yang sama mudahnya seperti sebelumnya. Nah berikut ini beberapa langkah ketika Anda ingin membuat paspor baru:

  1. Daftar paspor online

Langkah pertama untuk membuat paspor adalah dengan mendaftar antrian online. Membuat paspor memang lebih mudah dan juga efektif karena bisa dilakukan secara online. Tahapan ini akan memudahkan untuk membuat paspor dan memberikan keamanan. Karena tidak perlu untuk datang langsung ke kantor untuk pengurusan pendaftaran pembuatan paspor. Anda bisa untuk mendaftar antrian online melalui aplikasi layanan pembuatan paspor online. Dimana caranya hanya perlu untuk mengunduh aplikasi Layanan Paspor online lewat App store atau Google Play yang ada di gadget. Setelah aplikasi terpasang pada gadget, maka bisa mengikuti langkah selanjutnya. Terakhir Anda akan mendapatkan kode booking atau barcode untuk proses pembuatan paspor selanjutnya.

Cara Membuat Paspor Mudah dan Cepat
Cara Membuat Paspor Mudah dan Cepat – AkuTravel
  1. Membawa kode booking ke kantor imigrasi

Cara membuat paspor selanjutnya setelah mendapatkan kode booking atau barcode adalah dengan membawanya ke kantor imigrasi. Sebelumnya Anda telah memilih kantor imigrasi yang bisa dekat dengan domisili. Sehingga akan memudahkan ke pengurusan selanjutnya ke kantor imigrasi pilihan tersebut. Ketika datang ke kantor imigrasi, selain membawa kode booking juga bisa dengan membawa berbagai syarat yang telah disiapkan. Adapun untuk berbagai syarat membuat paspor yang perlu disiapkan dan dibawa ke kantor imigrasi adalah:

  • Syarat pertama adalah dengan menyiapkan e-KTP asli yang Anda miliknya. Anda juga perlu membawa fotokopian dari dokumen tersebut.
  • Syarat selanjutnya adalah membawa Kartu Keluarga yang asli dan juga fotokopiannya.
  • Syarat selanjutnya adalah membawa akta kelahiran, ijazah yang dipunyai, surat atau buku nikah, atau juga surat baptis apabila memiliki baik asli maupun fotokopian. Anda hanya cukup membawa satu syarat saja untuk beberapa dokumen yang telah disebutkan. Misalnya saja cukup membawa akta kelahiran, ijazah, atau buku nikah. Pastikan bahwa dokumen yang dipilih mempunyai informasi yang lengkap mengenai nama, tempat dan tanggal lahir, dan nama orang tua.
  • Syarat terakhir adalah menyiapkan materai 6000 yang harus dibawa ke kantor imigratis ketika pengurusan pembuatan paspor.
  1. Verifikasi oleh petugas

Apabila sudah datang ke kantor imigrasi dan menunjukkan kode booking pada petugas, maka selanjutnya adalah verifikasi. Petugas akan melakukan pengecekan pada syarat yang telah dibawa bersama dengan kode booking. Sehingga Anda hanya perlu menunggu verifikasi yang sedang dilakukan petugas. Apabila dokumen sudah lengkap dan lolos verifikasi, maka Anda akan diberikan nomor antrian pembuatan paspor. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk ke tahap selanjutnya yaitu pengambilan foto, sidik jari, dan juga wawancara. Karena dapat langsung untuk membuat paspor, maka sebaiknya datang dengan tampilan yang rapi.

  1. Proses foto, sidik jari, dan wawancara
Cara Membuat Paspor Mudah dan Cepat - AkuTravel
Cara Membuat Paspor Mudah dan Cepat – AkuTravel

Cara membuat paspor selanjutnya setelah mendapatkan nomor antrian adalah dengan menunggu giliran. Selanjutnya pemohon akan dipanggil oleh petugas imigrasi untuk melakukan langkah selanjutnya, yaitu mengambil foto, sidik jari, dan wawancara. Untuk memudahkan proses ini maka penting untuk memperhatikan tampilan ketika datang ke kantor imigrasi. Dimana Anda perlu untuk mengenakan pakaian rapi berkerah dan tidak menggunakan baju warna putih. Sehingga akan mempunyai hasil yang lebih jelas dan layak apabila diperiksa di kantor imigrasi luar negeri. Untuk bawahan, pria harus menggunakan celana panjang sedangkan wanita menggunakan celana panjang atau rok formal.

  1. Mendapatkan kode pembayaran

Cara membuat paspor selanjutnya setelah proses foto, pengambilan sidik jari, dan wawancara adalah akan mendapatkan kode pembayaran. Pemohon akan mendapatkan tanda terima dengan kode bayar atau billing yang harus dibayarkan. Dimana pembayaran perlu dilakukan maksimalnya tujuh hari setelah proses pengurusan pembuatan paspor yang telah dilakukan. Pembayaran sendiri dapat dilakukan di semua bank yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan oleh pemohon. Dimana untuk biaya pembuatan paspor ada dua, yaitu untuk yang pertama adalah paspor non elektronik atau biasa dengan biaya 350 ribu. Sedangkan untuk paspor elektronik mempunyai biaya 650 ribu rupiah.

  1. Pengiriman paspor ke rumah

Setelah melakukan proses pembayaran dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah menunggu paspor jadi. Dimana ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan paspor. Pertama adalah menunggu paspor yang datang ke rumah dengan membayar biaya pengiriman lewat PT Pos Indonesia. Atau cara lainnya adalah dengan mengambil langsung ke kantor Imigrasi. Cara membuat passport di atas merupakan langkah mudah bagi yang akan membuat paspor baru. Dimana pembuatan paspor sekarang ini mempunyai langkah yang mudah dari awal hingga akhir. Selain itu Anda juga tidak perlu membuang banyak waktu karena bisa mendaftar terlebih dahulu secara online. Dengan mengikuti langkah selanjutnya, paspor yang dibutuhkan bisa jadi dengan cepat. Yuk kunjungi AkuTravel untuk update traveling seru berikutnya dan jangan lupa follow instagram kita yaa untuk inspirasi traveling terlengkap!

Tim AkuTravel

"Tolong jadilah traveler, bukan turis. Cobalah hal-hal baru, temui orang-orang baru, dan lihat apa yang ada di depanmu. Itulah kunci untuk memahami dunia menakjubkan yang kita tinggali ini" -Andrew Zimmern

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button